Sablon Rubber

http://www.kangsablonbogor.com/




Sablon Rubber, atau biasa disebut dengan sablon karet, adalah salah satu jenis sablon yang paling sering digunakan. Di SBC sendiri, sablon ini cukup sering mendapat pesanan. Dianggap juga jenis sablon yang paling tua, atau jenis sablon yang paling pertama ditemukan. Hal ini di karenakan biaya produksi yang tergolong lebih murah, jika dibandingkan dengan sablon yang lain, serta memiliki hasil yang cukup bagus, lebih awet, dapat bertahan pada panas setrika, selain itu cat rubber mudah untuk didapatkan, menjadikan sablon ini mudah sekali ditemukan. Sifat Tinta rubber yang pekat, mampu menutupi rajutan kain dengan baik, dan mampu bertahan terhadap kondisi yang ekstrim, sehingga bisa digunakan untuk berbagai jenis kaos, baik kaos gelap, ataupun kaos terang. Memiiki ciri yang sedikit lentur dan elastis. Karena kepekatannya yang baik, Tinta rubber juga digunakan, sebagai sablon dasar, sebelum kain di sablon, terutama pada kaos warna gelap (underbase).

Tinta rubber sendiri terbagi menjadi dua fungsi kegunaan. Jenis pertama adalah tinta rubber white, yang digunakan untuk underbase/dasar, bisa juga digunakan untuk menghasilkan warna-warna pastel/muda. Jenis kedua adalah tinta rubber warna (color) yang digunakan untuk percampuran warna-warna tua. Tinta rubber memiliki penurunan warna yang sangat kecil, dari warna asli, hasilnya dapat kita lihat pada gambar dibawah. Namun dalam pengerjaannya harus teliti, dikarenakan tinta rubber yang berbasis air (waterbase) ini cepat kering pada screen (cetak saring), maka dari itu membutuhkan kerajinan tersendiri.

Sablon rubber, tepat di gunakan untuk produksi dengan biaya yang tergolong lebih murah, tentunya dengan hasil yang bagus, dan memiliki karakteristik serta keunggulan tersendiri. Menghasilkan warna solid yang tajam, cocok untuk desain dengan gambar yang teks yang padat. Kurang bagus bila digunakan untuk menghasilkan sablon gambar raster atau dot. Ciri umum sablon rubber adalah, tidak terlalu kaku pada bagian kaos, beda dengan halnya sablon plastisol, rubber sedikit lebih lentur, dengan kepadatan yang bagus. Jenis sablon rubber sendiri ada beragam pilihan, tergantung cat yang kita gunakan. Jika kualitas cat dan pengerjaannya baik, maka akan tahan hingga bertahun-tahun. Selain itu, lebih tahan dicuci, bila dibandingkan dengan sablon waterbase lainnya, seperti super white dan sebagainya.



Sumber : bengkelsablon





Web Builder : yopie_popoy
Author Of

Related Posts